navigasi

12 April 2016

Tutorial Sederhana Menganalisa Kerusakan Computer

Berikut ini Tutorial sederhana menganalisa suatu kerusakan pada computer menurut pengalaman saya pribadi di lapangan. Langkah-langkah berikut ini juga bisa diterapkan pada laptop atau netbook.

Mati Total
Langkah pertama, yang kita harus lakukan untuk memperbaiki computer yang mati total yaitu memastikan adanya arus listrik yang masuk kedalam power supply. Gunakan testpen untuk mengecek ketersediaan daya di stop kontak. Kalau sumber daya ada coba ganti kabel data. Setelah dipastikan power supply sudah dapat arus listrik tapi computer belum baik juga ikuti langkah kedua:
Langkah kedua, coba cek arus dc/output dari power supply dengan menggunakan AVO meter. Agar power supply bisa di cek arus dcnya hubungkan kabel hijau(power on) dan hitam(ground) (gunakan kawat untuk menghubungkan kedua kabel tersebut) lihat gambar dibawah ini:


Semua kabel hitam(ground) nilai tegangan : 0
Kabel kuning: 12 volt
Kabel jingga tua: 3.3 volt
Merah: 5 volt
Nilai tegangan di atas hasilnya biasanya tidak sama persis, asal mendekati atau lebih sedikit, bisa disimpulkan power supply tersebut masih bagus dan berarti kerusakan ada dikomponen lain. Tapi kalau nilai tegangan power supply terlalu rendah atau tidak ada sama sekali bisa disimpulkan power supplynya rusak ganti dengan yang baru. Untuk teknisi pemula saya tidak merekomendasikan untuk memperbaiki power supply yang rusak  lebih baik ganti dengan yang baru.

Pesan Error
Kalau ada pesan error: Hardisk Error, Hardisk not Found, Hardisk Not Detected atau sejenisnya bisa dipastikan 99% hardisk yang rusak.
Kalau pesan error: Cmos Setting Error, Cmos Battery Low, Cmos Wrong atau sejenisnya itu berarti battery cmos rusak/lemah ganti dengan yang baru.

Pemeriksaan Komponen
Pemeriksaan komponen ini biasanya saya lakukan ketika memperbaiki computer yang tidak ada tampilan sama sekali di layar monitor dan power supply output baik/normal. Caranya yaitu dengan melepas komponen satu persatu. Pertama lepas kabel power dari stop kontak, lepas casing cpu, dan lepas ram, kemudian pasang kembali kabel power ke stop kontak, nyalakan dan perhatikan ada tampilan gak di layar monitor. Kalau belum ada tampilan, ulangi langkah diatas dengan melepas komponen yang lain sampai tinggal motherboard dan processor yang terhubung ke power supply. Kalau salah satu komponen di lepas dan ada tampilan di layar monitor, bisa dipastikan komponen yang baru dilepas tersebut yang rusak. Cara ini tidak selalu berhasil, tapi paling tidak kita sudah berusaha. 
Catatan: sebelum kita melepas salah satu komponen di cpu, pastikan kabel power yang terhubung ke stop kontak sudah dilepas. Selamat mencoba…


Related Posts

No comments:

Post a Comment